Antara pulsa dan paket internet, mana yang lebih penting?



Jika bertanya kepada orang tua kita tentang pertanyaan di atas, tentu mereka secara spontan menjawab "jelas kami lebih mementingkan pulsa karena kami tidak begitu tertarik dengan kehadiran IPTEK"
Lalu bagaimana jika kita hadapkan pertanyaan tersebut kepada remaja zaman sekarang? Dari 10 orang remaja, hanya 2 yang lebih mementingkan pulsa. 8:2 perbandingan yang sangat signifikan. Ini menjadi fakta bahwa remaja saat ini tidak bisa lepas dari internet. Mengapa demikian?
Fenomena unik ini sedang terjadi saat ini terhadap kita semua. Perkembangan IPTEK menjadi faktor kunci kejadian tersebut. Sekarang negara-negara di seluruh dunia berlomba untuk membuat teknologi secanggih mungkin, dan salah satu alat hasil ciptaan dari perkembangan itu adalah gadget/android.
Remaja zaman sekarang hampir seluruhnya memiliki gadget/android yangg berada di genggaman mereka setiap saat, bahkan anak kecil pun sudah memiliki ipad/tablet yang diberikan oleh orang tua mereka. Melalui itu mereka dapat mengetahui informasi dan berita terupdate dari belahan dunia lain, ini merupakan efek positif dari era globalisasi. Tetapi untuk mengakses itu semua diperlukan adanya data internet, dari ini lah remaja mulai memiliki ketergantungan kepada data internet. Lalu apa sebenar nya yang menjadi faktor utama remaja tidak bisa terlepas dari gadget/android tersebut? Mari kita bahas.
1. Kehadiran Sosmed (sosial media)
Mengapa kehadiran sosmed menjadi faktor utama? Rata-rata remaja saat ini telah memiliki akun sosmed pribadi di dalam gadget/android mereka, entah itu akun Instagram, BBM, Facebook, Line dan WhatsApp. Dengan adanya sosmed, kita bisa mensharing foto, video atau pun kegiatan sehari-hari kita melalui akun sosmed tersebut.
2. Proses Instant
Setiap pengguna sosial media pastinya memanfaatkan nya untuk berkomunikasi , mencari teman, mendapatkan informasi terbaru, apalagi sekarang pada saat chatting telah tersedia emoji-emoji yang lucu sehingga dapat mewarnai aktifitas saat chatting tersebut. Ditambah lagi dengan adanya fitur  video call yang memudahkan pengguna nya untuk berkomunikasi dengan keluarga jauh secara tidak langsung bertatap muka di layar hp mereka, Fitur ini juga dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh para pejuang LDR untuk sekedar mengobati rindu dan semua itu melalui proses yang instan, mudah dan nyaman untuk dilakukan.
3. Biaya yang relatif murah
Dengan ramai nya pengguna sosial media, maka kebutuhan untuk mendapatkan data internet terus meningkat. Hal tersebut dimanfaatkan oleh operator-operator untuk membuat kartu internet murah. Kita lihat saja sekarang di sepanjang jalan sudah banyak berdiri pusat penjualan kartu internet dan hampir dimanapun kita berada, kita tidak akan kesulitan untuk mendapatkan kartu internet tersebut. Dibandingkan dengan pulsa, yang kita harus membuat paket internet perhari atau perminggu terlebih dahulu dengan biaya yang cukup besar, itu pun dibatasi pada operator tertentu. Tetapi Biaya dari pembelian kartu internet lebih terbilang relatif murah tergantung disesuaikan dari banyak data dan masa aktif dari kartu tersebut.
Itulah faktor" menurut saya pribadi yang membuat remaja sekarang lebih mementingkan kartu internet daripada pulsa. Teman-teman yang mempunyai pendapat lain boleh berkomentar dibawah. Terimakasih😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sepakbola sudah kehilangan jati dirinya